Memilih Gearbox Motor



Memilih Gearbox Motor Sebagai  penggerak mesin, gearbox motor memiliki jenis yang bervariasi, seperti motor listrik dan motor pembakaran dalam. Pemilihan gearbox dalam hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan mesin dan gerakannya. Oleh karena itu, dalam ulasan ini akan dibahas mengenai cara memilih gearbox dengan tepat.

Berbagai jenis motor semakin mudah kita jumpai, termasuk distributor yang jual electric motor atau lainnya. Setiap jenis motor pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang harus kita perhatikan. Dalam membeli dan merawat motor, tentu saja bagian komponen motor tidak boleh dilewatkan. Salah satu komponen penting yang ada pada motor adalah gearbox.

Memilih Gearbox Motor


Dalam memilih gearbox motor haruslah diperhatikan untuk mendapatkan produk yang berkualitas dan bisa awet. Banyak sekali Hal-Hal yang Harus Diperhatikan saat membeli gearbox motor. Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli gearbox motor:

1.      Kecepatan motor
Kecepatan output yang dihasilkan penting untuk dipertimbangkan karena tergantung dengan kapasitas mesin. Maksud dari kapasitas mesin adalah banyaknya beban yang dipindahkan dalam satuan waktu. Anda dapat mengatur kecepatan output dengan mengatur inverter pada distributor gearbox motor sesuai dengan yang diinginkan.

2.      Daya motor
Daya motor dipengaruhi oleh besar dan jenis beban di bawa mesin. Apabila beban yang dibawa besar, maka daya yang dibutuhkan juga besar. Umumnya, satuan daya yang digunakan adalah Horese Power dan kiloWatt. Untuk itu, banyak distributor gearbox motor murah yang menggunakan satuan daya ini.

3.      Nameplate motor
Pada umumnya, nameplate ini terdiri dari daya motor, rasio gearbox serta tipe motor dan gearbox. Apabila Anda ingin mengganti motor dengan merek lain, akan lebih baik jika Anda berdiskusi terlebih dulu karena tidak semua merek cocok. Terlebih dengan harga cycloid gear dan merek lainnya yang cukup bervariasi sehingga kita harus lebih mempertimbangkan ketika ingin menggunakan merek yang berbeda untuk motor dan gearbox.

4.      Motor dan gearbox
Produk gearbox biaanya ditawarkan oleh beberapa merek tentu atau yang sering disebut sebagai geraed motor. Pada dasarnya, gearbox didesain untuk dapat dipisahkan dengan motornya sehingga harga jual gearbox motor cukup mahal. Gearbox motor juga bisa menggunakan dua merek yang berbeda asal fungsinya tetap optimal. Anda harus memperhatikan tipe geared motor, kecepatan output gearbox, rasio gearbox, daya motor, torsi output dan faktor keamanan.

Tata cara perhitungan yang biasa digunakan

Konsep perhitungan yang digunakan adalah turunan hukum kekekalan energi dimana daya output sama dengan daya input sehingga asumsi rugi-rugi transmisi diabaikan. Masih banyak perhitungan yang harus dilakukan. Selain itu, banyak yang jual electric motor dengan abal-abal tanpa memikirkan fungsinya.

Mekipun demikian, ada beberapa distributor disekitar kita yang jual helical gear atau merek lain sudah memperhitungkan dan menjelaskan kecepatan rotasi output dan torsi output. Apabila semua informasi sudah tersedia dalam katalog, maka Anda tidak perlu menghitungnya kembali.

Gearbox memiliki peran yang penting untuk menjaga performa dari motor kesayangan Anda. Kita tidak boleh sembarangan dalam memilih gearbox motor agar kita tidak perlu berganti-ganti gearbox karena kualitas yang tidak baik dan mudah rusak. Kita harus memastikan bahwa gearbox motor didapatkan dari supplier gearbox motor berkualitas dan terpercaya, seperti Duta Makmur Gearindo.


Comments

Popular Posts